Anatomi Sendi Lutut

knee joint

Image from AAOS.org

Sendi lutut adalah sendi kompleks dengan banyak komponen, membuatnya rentan terhadap berbagai cedera. Banyak cedera lutut dapat diterapi dengan sukses tanpa operasi, dan beberapa lainnya membutuhkan operasi untuk sembuh. Inilah beberapa fakta tentang lutut dari American Academy of Orthopaedic Surgeons.

Anatomi Sendi Lutut

Sendi lutut adalah sendi yang paling besar di tubuh kita, dan salah satu yang paling mudah mengalami cedera. Ia terbuat dari bagian bawah tulang paha (femur), yang memutar pada bagian atas dari tulang kering (tibia), dan tempurung lutut (patella), yang menggeser pada sebuah alur di ujung tulang paha. Lutut juga mengandung ligamen-ligamen besar, yang membantu mengontrol gerakan dengan menghubungkan tulang-tulang dan dengan menjaga sendi dari gerakan-gerakan yang abnormal.

Tulang rawan adalah perbatasan mulus pada permukaan tulang yang memainkan peranan penting dalam melumasi sendi dan menyerap hentakan. Di saat kita bertambah tua, kandungan air di dalam tulang rawan menyusut dan berbagai perubahan di dalamnya membuatnya rentan terhadap cedera. Ia dapat menjadi usang dikarenakan cedera olahraga traumatik atau mengalami “pakai dan rusak” secara perlahan akibat beban pada sendi selama bertahun-tahun, yang membutuhkan perbaikan tulang rawan. Struktur penting lainnya, yang disebut meniscus, adalah sebuah potongan “karet” berbentuk baji di antara tulang paha dan tulang kering yang berfungsi untuk mengalasi lutut dan membantu menyerap hentakan selama gerak.

Anda dapat belajar lebih banyak tentang lutut untuk mengerti bagaimana lutut dan tungkai anda bekerja..

 





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)