Artroskopi Lutut (Lubang Kunci, Bedah Invasif Minimal)

Knee Arthroscopy

Artroskopi lutut adalah sebuah prosedur bedah invasif minimal (lubang kunci) yang lazim yang biasanya dilakukan cukup 1 hari. Operasi ini meliputi menempatkan sebuah kamera dan instrumen ke dalam lutut melalui insisi kecil pada kulit (biasanya berjumlah 2) dan mengobati masalah-masalah yang dapat ditemukan. Artroskopi memberi dokter pandangan yang jelas ke dalam lutut. Pemulihan yang terbilang cepat dapat diharapkan karena sifat operasi yang invasif minimal (hanya sedikit melukai kulit). Kemajuan-kemajuan teknik telah memberi kita monitor berdefinisi tinggi dan kamera beresolusi tinggi. Hal ini dan perkembangan-perkembangan lainnya telah membuat artroskopi sebuah alat yang sangat efektif untuk mengobati masalah-masalah lutut.

Prosedur Artroskopi Lutut

Dokter bedah ortopedi akan membuat beberapa insisi kecil di lutut anda. Cairan steril akan digunakan untuk mengisi sendi lutut dan mencuci semua cairan-cairan keruh. Ini akan membantu dokter bedah ortopedi anda untuk dapat melihat ke dalam lutut dengan jelas dan dengan lebih mendetail.

Knee Arthroscopy

Image from AAOS.org

Tugas pertama dokter bedah anda adalah mendiagnosis masalah dengan tepat. Dia akan memasukkan artroskop dan menggunakan gambar yang diproyeksikan ke monitor untuk membimbingnya. Jika pembedahan dibutuhkan, dokter bedah anda akan memasukkan instrumen kecil melalui insisi kecil yang lain. Instrumen-instrumen ini dapat berupa gunting, alat cukur motor, atau laser.

Bagian dari prosedur artroskopi lutut ini biasanya berlangsung selama 30 menit sampai 1 jam. Berapa lama ini berlangsung bergantung pada temuan-temuan yang didapat dan pilihan terapi yang dibutuhkan.

Artroskopi lutut adalah lazim digunakan untuk:

Dokter bedah anda dapat menutup insisi dengan jahitan atau steri-strip (plester kecil) dan mlindunginya dengan kasa lembut.

Anda akan dipindahkan be ruang pemulihan dan dapat pulang ke rumah dalam 2-4 jam. Pastikan anda memiliki seseorang yang dapat mengantar anda ke rumah.

Pemulihan dari Artroskopi Lutut

Masa pemulihan dari artroskopi lutut lebih cepat dibandingkan pemulihan operasi lutut terbuka yang tradisional. Meskipun demikian, adalah penting untuk mengikuti instruksi-instruksi dokter bedah ortopedi anda dengan hati-hati setelah anda kembali ke rumah.

Bengkak

Biarkan tungkai (kaki) anda naik setinggi yang memungkinkan selama beberapa hari setelah operasi. Kompres dengan es seperti yang dianjurkan oleh dokter bedah anda untuk meringankan bengkak dan nyeri.

Knee Arthroscopy

Image from AAOS.org

Perawatan Penutup Luka

Anda akan meninggalkan rumah sakit dengan penutup luka pada lutut anda. Jaga agar luka tetap bersih dan kering. Dokter beda anda akan memberitahu anda kapan anda dapat mandi dan mencucinya, dan kapan anda dapat mengganti penutup luka tersebut.

Dokter bedah akan menemui anda di kantornya beberapa hari setelah operasi untuk melihat perkembangannya, melihat temuan-temuan bedah yang lain, dan memulai program terapi setelah bedah.

Menahan Beban

Kebanyakan pasien membutuhkan kruk (tongkat bantu jalan) atau bantuan lainnya setelah bedah artroskopi. Dokter bedah anda akan memberitahu kapan waktu aman untuk mulai menaruh beban pada tungkai dan kaki anda. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai menahan beban, silakan hubungi dokter bedah anda.

Mengemudi

Dokter anda akan berdiskusi dengan anda kapan anda dapat mulai menyetir. Keputusan ini didasarkan pada sejumlah faktor, mencakup:

  • Lutut yang terkena
  • Apakah ada mengemudikan mobil persneling otomatis atau manual
  • Sifat prosedur yang dilakukan
  • Tingkat nyeri lutut
  • Apakah anda sedang menggunakan obat pereda nyeri narkotika
  • Kemampuan anda mengontrol gerakan lutut

Biasanya, pasien dapat mengemudi 1-3 minggu setelah prosedur.

Obat-obatan

Dokter anda akan meresepkan obat pereda nyeri untuk membantu meringankan ketidaknyamanan setelah operasi anda. Dia dapat juga merekomendasikan obat seperti aspirin untuk menghindari resiko gumpalan darah.

Latihan untuk Memperkuat Lutut Anda

Anda harus melatih lutut anda secara teratur selama beberapa minggu setelah operasi. Hal ini akan mengembalikan kemampuan gerak dan memperkuat otot-otot lutut dan kaki anda. Latihan-latihan terapetik memainkan peranan penting dalam seberapa baik anda pulih. Sebuah program terapi fisik formal dapat meningkatkan hasilnya.

Komplikasi dan Tanda-tanda Peringatan

Seperti halnya dengan operasi lainnya, terdapat resiko yang berhubungan dengan artroskopi lutut. Hal ini terjadi jarang dan bersifat kecil dan bisa diatasi.

Komplikasi

Masalah setelah operasi artroskopi lutut yang mungkin terjadi mencakup:

  • Infeksi
  • Gumpalan darah
  • Akumulasi darah di lutut

Tanda-tanda Peringatan

Hubungi dokter bedah ortopedi anda segera jika anda mengalami satu dari gejala ini:

  • Demam
  • Meriang
  • Hangat dan kemerahan menetap di sekitar lutut
  • Bengkak yang signifika pada lutut
  • Nyeri meningkat di otot betis




All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)