diagnosis nyeri punggung

diagnosis nyeri punggung dan investigasi

1.Foto ronsen

Foto ronsen merupakan investigasi yang pertama kali yang mungkin dilakukan ketika Anda mengunjungi dokter. Foto ronsen memberikan informasi yang penting mengenai tulang Anda, kesegarisannya dan strukturnya. Ia bisa memperlihatkan adanya destruksi tulang oleh berbagai sebab yang disebutkan di atas.

Dokter Anda mungkin perlu mengambil foto ronsen tulang belakang Anda pada berbagai sudut untuk melihat beberapa bagian dari punggung Anda dengan lebih jelas (untuk pars inter-artikular, Anda mungkin membutuhkan foto ronsen posisi oblik dari punggung Anda). Untuk memeriksa ketidaksegarisan atau gerakan abnormal dari tulang belakang Anda, dokter Anda mungkin meminta foto ronsen tulang belakang Anda dalam posisi tertentu seperti posisi membungkuk ke depan, ke belakang atau ke samping.

Kadang-kadang, foto ronsen yang khusus yang dikenal dengan BMD (bone mineral density) mungkin diperlukan pada kasus osteoporosis.

 

2.MRI (Magnetic resonance imaging)

Dengan kemajuan teknologi, saat ini sangat memungkinkan untuk melihat berbagai struktur pada punggung Anda dengan lebih jelas. MRI bisa memperlihatkan berbagai struktur seperti diskus intervertebralis, ligamen, otot dan sendi dengan lebih jelas. Dokter Anda mungkin akan meminta pemeriksaan MRI setelah memeriksa Anda untuk mengesampingkan kemungkinan lain sebagai penyebab nyeri punggung Anda.

Anda mungkin diminta untuk mengisi kuesioner sebelum pelaksanaan MRI karena pada beberapa kasus, ahli radiologi mungkin perlu menyuntikkan zat pewarna khusus ke dalam darah Anda untuk memperlihatkan beberapa kondisi dengan lebih jelas.

MRI tidak bisa dilakukan pada pasien yang memiliki alat yang tertanam di dalam tubuh mereka seperti alat pacu jantung atau klip pembuluh darah otak. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda dan radiologis mengenai hal ini sebelum menjalani pemeriksaan MRI. Kebanyakan implan tulang belakang sekarang ini kompatibel/cocok dengan MRI karena terbuat dari bahan yang non-magnetik.

 

3.CT (Computerised tomography) Scans

CT Scans bisa memperlihatkan tulang dan sendi Anda dengan lebih jelas. Dokter Anda bisa meminta pemeriksaan CT Scans ketika rencana operasi Anda (jika keputusannya adalah operasi) membutuhkan rincian gambaran tulang belakang Anda. Pemeriksaan ini juga bisa digunakan ketika MRI tidak bisa dilakukan untuk Anda karena berbagai alasan.

 

4.EMG/NCS (Electromyography / Nerve Conduction Study)

Ini merupakan pemeriksaan yang digunakan untuk mengetahui integritas dari fungsi saraf Anda, yang mempersarafi dan mengendalikan tungkai Anda. Hal ini bisa diminta oleh dokter Anda pada kondisi tertentu untuk mengkorelasikan temuan pemeriksaan fisik dengan gejala yang Anda rasakan.

5.Pemeriksaan Darah

Pemeriksaan darah yang umum pada nyeri punggung dilakukan untuk mengesampingkan penyebab infeksi dan inflamatori. Pemeriksaan untuk mengetahui adanya osteoporosis juga mungkin memerlukan pemeriksaan darah.  Kecurigaan akan adanya tumor juga mungkin memerlukan pemeriksaan darah.





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)