kembali penyebab nyeri

Kembali Penyebab Nyeri

Beberapa penyebab nyeri punggung yang berasal dari tulang belakang antara lain:

Mekanikal

Kebanyakan nyeri punggung terkait dengan aktivitas dan biomekanik yang tidak normal dari tulang belakang Anda. Nyeri bisa disebabkan oleh spasme (kejang) pada otot-otot yang menyokong tulang belakang Anda atau kelebihan beban pada ligamen tulang belakang Anda. Hal ini biasanya bisa hilang dengan istirahat dan bisa bertambah buruk dengan aktivitas. Nyeri punggung merupakan mekanisme protektif dari tubuh Anda untuk membatasi tingkat aktivitas Anda dan mencegah kerusakan yang lebih jauh dari punggung Anda.

 

Trauma

背痛原因

Figure 3

 

Fraktur bisa terjadi pada tulang belakang Anda sebagai akibat dari cedera langsung ataupun tidak. Fraktur ini lebih mudah terjadi pada orang yang lebih tua dan pada orang yang memiliki tulang yang lebih rapuh seperti pada osteoporosis. Dislokasi dari sendi tulang belakang jarang

Figure 4

Figure 4

terjadi pada punggung bila dibandingkan pada leher, tetapi cedera tersebut tetap menyebabkan kelemahan pada tungkai dan hilangnya kendali pada saluran cerna dan saluran kemih oleh karena penekanan pada korda spinal.

 

Degenerasi

Figure 5

Figure 5

 

Dengan proses penuaan, setiap orang mengalami kerusakan (degenerasi). Kerusakan ini bisa dipercepat bergantung pada aktivitas dan genetika masing-masing individual. Dalam beberapa penelitian, merokok juga bisa menyebabkan kerusakan. Degenerasi dari diskus yang menyerupai jeli tersebut (penyakit diskus degeneratif) membuat diskus tersebut keluar dari tempatnya di bawah tekanan, menyebabkan penyempitan dari kanal/saluran untuk saraf dan korda spinal (herniasi atau prolaps diskus intervertebralis).

Figure 6

Figure 6

Muatan abnormal pada tulang dikarenakan oleh kerusakan dari bantalan yang menyerupai jeli tersebut menyebabkan timbulnya tonjolan  tulang yang bisa lebih jauh lagi mengurangi ruang untuk saraf spinal.

Kerusakan yang tidak seimbang bisa menyebabkan tulang belakang Anda bengkok ke salah satu sisi menyebabkan kondisi yang dinamakan dengan skoliosis degeneratif. Degenerasi bisa juga menyebabkan kerusakan pada sendi tulang belakang (arthrosis sendi faset), menyebabkan tulang vertebra tergeser dari posisinya yang normal, yang dikenal sebagai spondilolistesis degeneratif.

Figure 7

Figure 7

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh trauma atau bisa juga disebabkan oleh diskontinuitas dari stabilisator tulang (pars inter-artikular) pada usia muda.

Figure 8

Figure 8

Stenosis kanalis lumbal merupakan kondisi yang disebabkan oleh penyempitan ruang kanalis spinal. Kondisi ini bisa sudah ada sejak lahir atau bisa didapat seiring dengan proses penuaan. Penyempitan kanalis spinal disebabkan oleh penonjolan bantalan diskus (diskus intervertebralis) dari bagian depan , penebalan ligamen (ligamentum flavum) dan sendi (faset) tulang belakang yang membesar dari bagian belakang yang semakin memperburuk kondisi yang ada.

 

Penyebab infeksius dan inflamatori

Figure 9

Figure 9

 

Infeksi tulang belakang merupakan kondisi yang lazim yang menimbulkan nyeri punggung non-mekanikal. Infeksi tulang belakang lebih sering dijumpai pada orang yang menderita diabetes melitus (kencing manis) atau penyakit-penyakit lainnya yang melemahkan daya tahan tubuh. Infeksi bisa disebabkan oleh organisme yang menghasilkan pus/nanah (piogenik) atau infeksi yang tumbuh dengan lambat seperti tuberkulosis. Infeksi dari tulang belakang unik dalam hal ia tidak menimbulkan gejala apapun selain sakit punggung. Anda tidak harus merasa demam atau merasakan gejala lainnya seperti yang terlihat pada infeksi yang terjadi pada bagian tubuh yang lain.

Konsultasi dengan spesialis tulang belakang tidak bisa diabaikan pada kasus seperti ini. Jika tidak diobati pada waktunya, infeksi ini bisa menyebabkan destruksi/kerusakan tulang belakang yang bisa menyebabkan instabilitas yang jelas dan membahayakan saraf spinal.

Nyeri punggung akibat proses inflamatori (reaksi dari tubuh pada jaringan) sering dijumpai pada kondisi seperti spondilitis ankilosa atau arthritis reumatik.

 

 

Figure 10

Figure 10

Tumor

Penyebab nyeri punggung lainnya yang menakutkan bisa jadi adalah tumor tulang belakang. Tumor bisa berasal dari tulang belakang Anda itu sendiri atau bisa berpindah ke tulang belakang Anda dari tumor lain yang berada di bagian lain pada tubuh Anda (sekunder atau metastasis). Beberapa tumor yang sering berpindah ke tulang belakang Anda adalah tumor yang berasal dari paru-paru, tiroid/kelenjar gondok, ginjal, prostat dan payudara.

Spesialis Anda mungkin perlu melakukan beberapa pemeriksaan jika terdapat kecurigaan atau gejala yang mengindikasikan adanya tumor.

Deformitas

Backpain Scoliosis

Figure 12

Sebagian nyeri punggung bisa disebabkan oleh deformitas di tulang belakang Anda baik yang dijumpai sejak lahir atau didapat dikemudian hari. Deformitas ini bisa berupa deformitas hunch-back (kifosis) atau deformitas lateral (skoliosis)

Figure 11

Figure 11

Deformitas ini meregangkan salah satu bagian dari punggung Anda lebih banyak dibandingkan dengan tulang belakang yang normal, karena itu menyebabkan nyeri.





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)