Nekrosis Tulang atau Nekrosis Avaskuler pada Panggul dan Lutut: Dekompresi Inti dan Terapi Sel

Nekrosis tulang (Osteonecrosis/ON) adalah kondisi medis yang serius dimana terdapat area-area kematian tulang. Kondisi ini juga dikenal sebagai nekrosis avaskuler (avascular necrosis/AVN). Kematian tulang adalah disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke area tulang dikarenakan beberapa alasan. Salah satu penyebab yang paling sering dari ON atau AVN di usia muda adalah konsumsi kortikosteroid (yang merupakan obat yang digunakan untuk psoriasis, SLE, atau artritis reumatoid). Pasien-pasien lain yang menderita penyakit ini bisa juga memiliki riwayat kekerasan karena konsumsi alkohol atau sedang mendapat pengobatan dengan imunosupresan dosis tinggi (misalnya pasien kanker). Pada kasus yang berat, tulang rawan yang melapisi tulang dapat runtuh, berakibat kerusakan parah dan artritis pada sendi yang terkena.

Masalah-masalah yang berhubungan dengan merawat pasien-pasien seperti ini mencakup:

  1. Mereka biasanya muda
  2. Lesi pada jaringan biasanya bilateral (kedua tungkai)
  3. Lesi biasanya multifokal – misalnya mengenai panggul dan lutut pada waktu bersamaan
  4. Biasanya meliputi area yang ekstensif
Osteonecrosis

Foto MRI dari lutut menunjukkan area kematian 
tulang yang ekstensif (di tulang paha dan tulang kering)

Osteonecrosis in Hips

Foto sinar X menunjukkan area kematian tulang ekstensif pada kedua panggul (daerah keputihan di kepala tulang paha)

Metode perawatan yang ideal adalah terapi yang bersifat invasif minimal, memiliki tingkat komplikasi yang rendah, dan tidak membuat operasi di masa yang akan datang (bila diperlukan) menjadi lebih susah.

Dr Kevin Lee telah mempublikasi 2 makalah (“Treatment of Secondary Osteonecrosis Using an Injectable Bone Graft Substitute”. J. Orthopaedics 2011;8(4)e15 dan “Cell Therapy for Secondary Osteonecrosis of the Femoral Condyles Using the Cellect DBM System – A Preliminary Report”. Lee K, SB Goodman. J Arthroplasty. 2008) mengenai menggunakan teknik terbaru untuk mengobati kondisi sulit ini.

Prosedur kami meliputi membuat insisi kecil pada area yang terkena untuk membuang tulang yang mati dari lutut atau panggul. Prosedur ini dekenal sebagai dekompresi inti. Setelah itu, sumsum tulang diambil melalui insisi kecil dekat tulang panggul. Sumsum tulang adalah kaya dengan faktor pertumbuhan dan stem cell (sel spesial yang dapat berubah menjadi tulang, lemak, atau otot pada kondisi yang tepat). Sumsum yang terkumpul lalu dicampur dengan material cangkuk tulang (dinamakan HEALOS FX). Dengan menggunakan pompa suntik, campuran yang berisi stem cell, faktor pertumbuhan, dan material cangkuk tulang ini disuntikkan ke area dimana tulang yang mati telah diangkat. Tulang baru kemudian tumbuh dan menggantikan tulang mati yang telah diangkat. Hasil adalah menjanjikan untuk pasien yang telah di follow up paling sedikit 2 tahun dan pada fase-fase awal dari ON/AVN.

 

Osteonecrosis Treatment

Gambar dari dekompresti inti (membuang tulang mati)
di lutut melalui insisi kecil kulit

Osteonecrosis Treatment

Gambar dari aspirasi sumsum tulang melalui insisi sangat kecil

Osteonecrosis Treatment

Gambar dari HEALOS FX decampur dengan sumsum tulang





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)