Nyeri Lutut

Nyeri yang berasal dari sendi lutut itu sendiri bermanifestasi sebagai nyeri di sebelah depan, samping, atau belakang lutut. Kadang, sebuah gangguan pada panggul dapat juga bermanifestasi sebagai nyeri lutut dan ini dinamakan nyeri rujuk.

Ada banyak penyebab nyeri lutut dan ia bervariasi menurut usia pasien, apakah ada riwayat trauma, penyakit medis yang berhubungan, tingkat aktivitas pasien, dan lain sebagainya.

Penyebab Nyeri Lutut

Penyebab yang paling lazim adalah:

  1. Cedera Olahraga (akibat trauma atau pemakaian berlebihan) 

    Banyak atlit mengalami cedera pada ligamen-ligamen lutut mereka. Dari empat ligamen utama yang ada di lutut, ligamentum cruciatum anterius (LCA) dan ligamentum collaterale mediale (LCM) sering mengalami cedera saat olahraga. Ligamentum cruciatum posterius (LCP) dapat juga terkena.

    Cedera-cedera Traumatik

    • Cedera LCA
      Berpindah arah dengan cepat, melambat saat berlari, mendarat setelah melompat dapat menyebabkan sobekan di LCA. Atlet yang berpartisipasi dalam ski dan bola basket, dan atlet yang menggunakan sepatu berpaku, seperti pemain sepak bola, adalah rentan terhadap cedera LCA.
    • Cedera LCM
      Cedera pada LCM biasanya disebabkan oleh pukulan langsung pada sisi luar lutut. Jenis cedera ini sering terjadi pada olahraga kontak badan, seperti bola kaki dan sepak bola.
    • Cedera LCP
      LCP seringkali cedera saat seorang atlet menerima pukulan pada sebelah depan lututnya atau membuat langkah yang salah di lapangan bermain.
    • Sobekan tulang rawan atau sobekan meniscus
      Saat orang-orang berbicara  tentang tulang rawan lutut yang sobek, mereka biasanya berbicara tentang sobekan meniscus. Meniscus adalah tulang rawan yang tangguh dan seperti karet yang menempel pada ligamen-ligamen lutut. Meniscus bertindak seperti penyerap shock/hentakan. Pada aktivitas atletik, sobekan pada meniscus dapat terjadi saat gerakan memelintir, menggunting, memutar, melambat, atau di-tackle. Kontak langsung juga seringkali terlibat.

    Cedera-cedera akibat pemakaian berlebihan

    • Peradangan urat tempurung lutut dan otot depan paha (tendinitis patella dan quadriceps)
      knee pain

      Ini adalah peradangan pada patella (tempurung lutut) dan tendon quadriceps (otot depan paha). Atlet yang banyak melakukan aktivitas melompat dan olahraga mungkin merasakan nyeri pada sebelah depan lutut setelah berlari. Nyeri lutut tersebut biasanya memberat dengna aktivitas seperti berlari cepat, melompat, dan memanjat tangga. Istirahat dan fisioterapi dapat membantu. Dalam praktek kami, kami banyak menggunakan RSWT (radial shockwave therapy) untuk mengobati kedua bentuk tendinitis dengan hasil yang bagus. Untuk kasus lama yang resisten terhadap RSWT atau fisioterapi, kami menganjurkan injeksi platelet rich plasma (PRP) ke tendon yang sakit demi meningkatkan penyembuhan.

    • Sindrom jaringan ikat iliotibial (iliotibial band/ITB)
      knee pain

      Ini adalah salah satu dari cedera akibat pemakaian berlebihan yang paling sering diantara pelari dan pesepeda. Ini terjadi saat jaringan ikat iliotibial, ligamen yang berjalan pada sisi luar paha dari panggul ke tulang kering mengalami peradangan atau pengencangan. IT band menempel pada lutut dan membantu menstabilkan dan menggerakkan lutut.

      Saat IT band tidak bekerja dengan benar, pergerakan dari lutut (dan dengan demikian berlari atau bersepeda) menjadi nyeri. Nyeri IT band dapat menjadi cukup parah untuk mengistirahatkan pelari atau pesepeda selama berminggu-minggu bahkan lebih lama. Karena gejala yang paling menonjol adalah bengkak dan nyeri pada sisi luar lutut, banyak pelari salah berpikir kalau mereka memiliki cedera lutut. Cara terbaik untuk mengetahui apakah anda memiliki sindrom ITB adalah dengan membengkokkan lutut anda ke sudut 45 derajat. Jika anda memiliki masalah ITB, anda akan merasa nyeri di sisi luar lutut. Istirahat, peregangan, dan fisioterapi dapat membantu. Dalam praktek kami, kami banyak menggunakan RSWT (radial shockwave therapy) untuk mengobati sindrom ITB dengan hasil baik.

  2. Osteonecrosis Keadaan ini berarti “kematian tulang” dimana area tulang dan tulang rawan mati karena kurangnya aliran darah.
  3. Artritis berarti hancurnya tulang rawan di tubuh, menyebabkan tulang rawan di lutut menjadi usang.




All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)