NYERI PUNGGUNG

NYERI PUNGGUNG

Punggung dapat dibagi menjadi punggung bagian atas (thorakal) dan punggung bagian bawah (lumbal). Fungsi utama dari tulang belakang Anda adalah untuk melindungi struktur saraf yang rumit dan menumpu berat badan Anda. Punggung bagian atas menyokong dada Anda dan menghubungkan leher dengan punggung bawah. Ia memungkinkan tubuh anda untuk berotasi (berputar). Punggung atas terdiri dari 12 vertebra thorakal yang terhubung dengan tulang iga. Punggung bawah Anda menghubungkan tulang belakang Anda dengan pelvis dan mentransmisikan berat badan ke kedua tungkai. Punggung bawah memungkinkan gerakan menekuk badan ke depan dan ke belakang. Punggung bawah terdiri dari lima tulang lumbal. Tulang-tulang ini disokong oleh ligamen dan otot.

Nyeri punggung bisa disebabkan baik oleh tulang belakang itu sendiri (thorakal atau lumbal) atau penyebab di luar tulang belakang (nyeri menjalar dari organ lain). Untuk kebanyakan orang, penyebab nyeri punggung yang bersumber dari tulang belakang bisa dirasakan sebagai nyeri yang menjalar atau kesemutan pada satu atau kedua tungkai (skiatika). Gejala-gejala ini mungkin dikarenakan oleh kompresi saraf pada punggung Anda. Pada sebagian orang, nyeri yang dirasakan mungkin hanya terlokalisir pada punggung mereka. Penting sekali untuk memeriksakan diri ke spesialis tulang belakang terkait dengan penyebab dari nyeri punggung Anda, agar tindakan pengobatan bisa dilakukan untuk mencegah perburukan lebih lanjut.

 

GEJALA

1.Nyeri

Nyeri pada punggung bisa melibatkan punggung bagian atas atau bawah. Tulang belakang terdiri dari banyak segmen tulang (yang mencakup dua korpus vertebra yang berdekatan dan bantalan yang menyerupai jeli yang dinamakan diskus intervertebralis dengan ligamen di sekelilingnya, serta sendi di antara dua tulang tersebut yang dinamakan sendi faset).

Nyeri mungkin timbul oleh proses apa saja pada tulang belakang Anda yang bisa menimbulkan tekanan yang tidak alami pada tulang belakang. Proses ini bisa disebabkan oleh kerusakan dari diskus intervertebralis (diskogenik) dan penonjolannya keluar ke kanalis spinalis, maupun oleh penyebab lainnya pada tulang, sendi, ligamen dan otot. Tulang yang menyokong punggung Anda bisa juga mengalami kerusakan sebagai akibat dari beban pada tulang belakang yang berlebihan yang menyebabkan timbulnya tonjolan tulang.

Kadang-kadang, Anda bisa merasakan nyeri punggung hanya setelah aktivitas tertentu dan hilang setelah beristirahat. Jenis nyeri yang seperti ini dinamakan nyeri mekanikal, yaitu nyeri yang timbul dikarenakan oleh pergerakan dari tulang Anda, sementara jenis yang lain yaitu nyeri non mekanikal dimana nyeri ini bisa terus menerus atau pun hilang timbul, tetapi tidak berkaitan dengan tingkat aktivitas Anda.

Bagi sebagian orang, nyeri bisa menjalar ke tungkai mereka seperti aliran listrik yang tajam. Hal ini bisa terjadi karena saraf Anda tertekan pada punggung pada tempat asalnya dan nyeri berjalan sepanjang jalur saraf tersebut.

Nyeri punggung yang Anda alami harus dinilai oleh spesialis tulang belakang untuk mengetahui diagnosis dari kondisi tersebut dan memahami penyebab nyeri yang terlibat sebelum memulai pengobatan.

 

2.Kesemutan/ rasa seperti tertusuk jarum

Figure 2

Figure 2 (Image from AAOS.org)

Penekanan pada saraf bisa menjadikannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya untuk sementara waktu dan kehilangan semua fungsi pada akhirnya. Fungsi yang tidak normal yang mungkin Anda rasakan yaitu kulit terasa tebal seperti karet seluas daerah yang dicakup oleh saraf tersebut atau kelemahan dari otot yang dipersarafi oleh saraf tersebut.

Figure 1

Figure 1 (Image from AAOS.org)

Hal ini bisa disebabkan oleh nukleus pulposus yang seperti jeli, yang terdapat di antara dua ruas tulang belakang Anda, keluar dari tempatnya yang normal melalui batas luar dari diskus tersebut. Saraf Anda bisa juga tertekan oleh tonjolan tulang atau sendi faset yang membesar dan penebalan dari ligamen pada punggung Anda.

 

3.Kelemahan

Aliran elektrik yang menuju ke otot tungkai untuk mengerjakan fungsinya berasal dari punggung Anda. Setiap gangguan pada aliran elektrik ini bisa menyebabkan kelemahan. Kelemahan pada tungkai Anda bisa berkisar dari kelemahan yang ringan dalam menggerakkan jempol kaki Anda atau menggerakkan sendi pergelangan kaki Anda, sampai kasus yang lebih berat seperti kesulitan berjalan. Kadang-kadang hal ini bisa terjadi semata-mata oleh nyeri pada tungkai atau kaki itu sendiri dan bukan oleh penekanan saraf pada punggung Anda. Anda mungkin membutuhkan alat bantu untuk membantu Anda berjalan pada kasus dengan kelemahan yang berat.

Jadi, Anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan spesialis sesegera mungkin jika Anda merasakan gejala yang berkaitan dengan nyeri punggung.

 

4.Klaudikasio

Nyeri bisa menjalar ke tungkai Anda dengan nyeri yang terasa seperti kram pada paha atau betis setelah melakukan aktivitas selama beberapa waktu. Bisa juga timbul rasa tertusuk-tusuk atau “rasa yang lucu” pada tungkai Anda setelah berjalan pada jarak tertentu. Nyeri ini bisa menjadi lebih ringan dengan membungkuk ke depan atau Anda mungkin harus duduk dan beristirahat sebelum bisa kembali berjalan. Derajat keparahan dari penekanan saraf bisa diduga dari jarak yang bisa Anda tempuh tanpa gejala nyeri klaudikasio, dengan jarak yang semakin pendek mengisyaratkan perburukan penekanan saraf.

 

5.Perubahan pada saluran kemih dan saluran pencernaan

Akibat yang paling ditakutkan dari penekanan saraf di punggung Anda adalah hilangnya kendali pada sistem saluran cerna dan saluran kemih. Gejala yang Anda rasakan bisa berupa kesulitan buang air besar selama beberapa hari dikarenakan oleh berkurangnya pergerakan dari usus Anda akibat dari penekanan saraf yang mengendalikan fungsi tersebut.

Begitu kendali volunter (yang disadari) terhadap saraf tersebut hilang, gejala-gejala yang disebutkan di atas mengisyaratkan kebutuhan mendesak untuk menghilangkan penekanan pada saraf di punggung Anda. Perlunya menjumpai spesialis tulang belakang sesegera mungkin tidak bisa dianggap remeh pada kondisi ini.

 

Pelajari lebih lanjut tentang Penyebab nyeri punggung, nyeri punggung Diagnosa, Pengobatan non-bedah dan bedah Pengobatan untuk sakit punggung.





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)