Operasi Penggantian Lutut

Knee Replacement Surgery

Jika anda mengalami radang sendi (artritis), nyeri parah, atau penurunan kualitas hidup akibat nyeri lutut, yang berat, sebuah prosedur penggantian lutut dapat menjadi pilihan. Hal ini pada dasarnya adalah menggantikan sendi yang sudah usang berat dengan sendi artifisial.

Lutut tersusun atas tiga kompartemen: tengah (sisi dalam lutut yang berseberangan dengan lutut di sebelahnya), patellofemoral (di antara tempurung lutut dengan tulang paha), dan samping (sisi luar lutut yang jauh dari lutut di sebelahnya).

Tergantung pada luasnya kerusakan pada lutut anda, anda dapat menjalani penggantian sebagian atau unikompartemen yang hanya menggantikan satu dari tiga kompartemen di atas, atau penggantian lutut total yang menggantikan ketiga kompartemen seluruhnya. Dengan  dokter bedah, yang berpengalaman, penggantian lutut memiliki tingkat kesuksesan yang sangat tinggi (lebih dari 90%) dan dapat meringankan nyeri, meningkatkan kualitas hidup, dan mengembalikan pasien ke kemampuan gerak penuh.

 
Material yang canggih seperti titanium dan logam campuran kobalt-kromium beserta plastik yang kuat digunakan untuk membuat lutut artifisial. Sejumlah kecil tulang yang rusak, jaringan, dan tulang rawan akan dibuang dan digantikan dengan lutut artifisial selama prosedur penggantian lutut. Pasien akan dapat langsung berjalan satu atau dua hari setelah operasi penggantian lutut dengan tiang penyangga, dan pada umumnya akan keluar dari rumah sakit tiga sampai empat hari setelah prosedur. Banyak pasien-pasien Dr Lee dapat berjalan dalam jarak dekat hanya setelah dua minggu setelah operasi, tanpa menggunakan bantuan apapun.

member-sticker-for-webDirektur medis kami, Dr Kevin Lee adalah anggota dari  American Association of Hip and Knee Surgeons dan ia melakukan seluruh penggantian lutut melalui pendekatan invasif minimal (sedikit saja membuat luka di kulit dan jaringan) dan bekerja hanya dengan ahli anestesi yang memiliki spesialisasi di bidang manajemen nyeri. Dalam situasi khusus, ia menggunakan operasi yang dibantu oleh komputer (Computer Assisted Surgery/CAS) untuk melakukan penggantian sendi lutut.

Knee Replacement Surgery

Foto sinar X dari lutut kanan sebelum penggatian lutut total

Knee Replacement Surgery

Foto sinar x dari lutut kanan setelah penggatian lutut total

Beberapa perkembangan dalam bidang bedah penggantian lutut mencakup:

1. Teknik invasif minimal, seperti memotong jaringan dengan lebih sedikit dan melakukan insisi yang lebih kecil pada kulit
2. Peningkatan yang besar sekali dalam bidang protokol manajemen nyeri setelah operasi
3. Desain dengan kemampuan fleksi tinggi yang meningkatkan rentang gerak dan kemampuan menekuk dari lutut yang digantikan
4. Implan dengan kualitas lebih baik sekarang telah digunakan
5. Penggunaan navigasi dengan komputer pada kasus-kasus berat untuk meningkatkan ketepatan

Perkembangan-perkembangan ini berarti bahwa pasien akan sedikit sekali mengalami nyeri setelah operasi, dapat keluar dari rumah sakit dengan lebih cepat, dan pulih dengan lebih cepat.

Sebuah teknik baru yang paling mutakhir menggunakan Instrumentasi Spesifik Pasien (Patient Specific Instrumentation/PSI) telah dikembangkan demi sebuah usaha untuk meningkatkan akurasi dan menurunkan waktu operasi. Sken MRI dari lutut memberi kami model tiga dimensi yang memungkinkan penempatan posisi yang unik dan didesain khusus untuk operasi penggantian lutut pasien itu sendiri.

Dr Kevin Lee dilatih di Universitas Stanford oleh salah satu pionir teknik ini—Profesor William Maloney—dan ia melakukan operasi pertama National University Hospital pada tahun 2010. Ia juga melakukan prosedur penggantian lutut PSI bilateral pertama di Asia Tenggara pada tahun 2011. Dr Lee menyampaikan sebuah seminar “Customised Instrumentation for Knee Replacement” di Universitas Stanford, Amerika Serikat pada bulan Februari 2012 dan telah sering diwawancarai mengenai pengalamannya tentang teknik operasi penggantian lutut. Dr Lee juga melakukan makoplasti (penggantian lutut parsial yang dibantu robot), sebuah operasi penggantian lutut sebagian yang baru dan tidak terlalu invasif yang baru saja diperkenalkan di Singapura.





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)