operasi sakit punggung

OPERASI SAKIT PUNGGUNG

Pilihan invasif sering menjadi pilihan terakhir. Pada kasus yang tidak ada perbaikan bahkan setelah tata laksana non operatif yang cukup lama, pilihan ini mungkin bermanfaat.

Tetapi pada kondisi-kondisi tertentu, dianjurkan untuk tidak menunda operasi karena penundaan bisa mengurangi keberhasilan operasi Anda. Spesialis Anda akan memberitahukan pilihan yang ada setelah memeriksa dan menginvestigasi Anda

 

INJEKSI STEROID

Injeksi ini bisa membantu mengurangi kerja dari zat kimia yang menyebabkan saraf Anda teriritasi atau marah (inflamasi). Suntikan ini bisa diberikan di banyak tempat tergantung saraf yang bermasalah. Suntikan ini bisa diberikan pada punggung Anda dekat dengan akar saraf tertentu (blok akar saraf trans-foraminal) atau mungkin disuntikkan dekat tulang ekor (injeksi kaudal epidural). Pada kondisi tertentu seperti kerusakan pada sendi tulang belakang Anda, blok khusus yang tertarget bisa diberikan ke dalam sendi (blok faset).

Anda bisa merasakan nyerinya hilang dalam waktu yang cukup singkat akibat efek dari obat bius lokal yang dicampurkan dengan steroid. Suntikan ini juga bisa menyebabkan tungkai Anda menjadi kebas untuk sementara. Ia juga mempunyai sedikit resiko seperti mengantuk atau sakit kepala. Jadi, dianjurkan kepada Anda untuk datang bersama seseorang untuk menemani Anda pulang setelah suntikan dilakukan.

Suntikan multipel pada interval-interval waktu tertentu mungkin diperlukan untuk menjadikan Anda bebas nyeri untuk jangka panjang. Tetapi dikarenakan oleh efek samping yang ditimbulkan, dokter Anda mungkin membatasi jumlah suntikan yang boleh diberikan per tahunnya.

Suntikan ini bisa juga diperlukan untuk menentukan bagian yang menimbulkan rasa nyeri pada punggung Anda.

NUKLEOPLASTI

Backpain-Figure-13Ini merupakan tindakan minimal invasif untuk membuang/menghisap cairan jeli yang berada di dalam diskus intervertebralis untuk mengurangi herniasi, dengan demikian mengurangi penekanan. Hal ini cocok untuk herniasi diskus yang berukuran sedang dan Anda sudah mencoba tata laksana konservatif tetapi tidak berhasil.

FORAMINOTOMI/LAMINOTOMI

Operasi yang direncanakan pada kasus yang diperiksa dan diinvestigasi dengan baik akan memberikan hasil jangka panjang yang baik. Hal ini berarti bahwa harus terdapat faktor penyebab nyeri punggung yang dapat dikoreksi, baru operasi tersebut bisa berhasil.

Operasi yang paling sederhana yang bisa dilakukan dalam kasus kompresi saraf yaitu melepaskan kompresi tersebut dengan membuat lubang kecil untuk memperluas ruang yang tersedia untuk akar saraf. Hal ini bisa dilakukan dengan membuang sebagian tulang pada jendela dimana saraf itu keluar dari kanalis spinalis atau dapat dilakukan pada lamina (bagian tulang belakang yang membentuk batas belakang dari tulang belakang). Prosedur ini bisa dilakukan bersamaan dengan diskektomi (pembuangan fragmen diskus yang menyebabkan penekanan)

Prosedur ini bisa dilakukan dengan cara minimal invasif

 

 

LAMINEKTOMI

Beberapa kasus mungkin memerlukan pembebasan terhadap penekanan yang lebih lebar, dimana keseluruhan lamina dibuang pada satu sisi (hemi-laminektomi) atau pada kedua sisi (total laminektomi) untuk membebaskan saraf spinal dan korda spinal.

Prosedur ini bisa dilakukan dengan cara minimal invasif.

STABILISASI

Figure 14

Figure 14

 

Fraktur, infeksi atau inflamasi bisa menyebabkan tulang belakang Anda menjadi tidak stabil dan membahayakan saraf Anda. Kondisi seperti ini membutuhkan tindakan stabilisasi oleh dokter Anda dengan menggunakan beragam alat seperti sekrup pedikel dan rods.

Stabilisasi bisa juga diperlukan pada kasus dimana operasi dekompresi mungkin menyebabkan instabilitas setelah operasi.

Stabilisasi bisa dilakukan dengan cara minimal invasif sekarang ini.

VERTEBROPLASTI/ KIFOPLASTI

Figure 15

Figure 15

 

Prosedur ini mencakup penyuntikan semen ke tulang vertebra yang fraktur, yang sering sekali dilakukan pada kasus osteoporosis yang berat dimana kemampuan penyembuhan tulang yang fraktur itu sangat terbatas, dan Anda menderita rasa sakit yang sangat berat. Perbedaan antara vertebroplasti dan kifoplasti adalah bahwa kifoplasti melibatkan penggunaan balon yang dimasukkan ke tulang yang fraktur untuk kemudian dikembangkan sebelum semen disuntikkan

Prosedur ini dilakukan melalui lubang kecil pada tulang belakang Anda dan Anda akan ditidurkan selama prosedur berlangsung.

 

Figure 16

Figure 16

PEMBATAS ANTAR-SPINOSUS (INTERSPINOUS SPACERS)

Ini merupakan alat yang diletakkan di antara prosesus spinosus tulang belakang Anda (tonjolan yang menyerupai paruh burung pada bagian belakang tulang belakang Anda) untuk mempertahankan dekompresi, dengan menjaga ligamen Anda tetap tegang dan mencegahnya dari mengurangi luas ruang kanal. Ia juga membatasi ekstensi dari punggung Anda (gerakan menekukkan tulang punggung Anda ke belakang), yang secara tidak langsung mencegah kanal spinal menjadi sempit dengan pergerakan tersebut.

 

Tidak seperti fusi, interspinous spacer adalah stabilisator dinamis. Ia tidak membatasi gerakan segmen-segmen tulang belakang Anda sementara tetap menjamin adanya ruang yang cukup untuk saraf, dan mencegah terjadinya penekanan pada saraf Anda.

Pemasangan spacer seperti itu bisa dilakukan dengan cara minimal invasif sekarang ini.

 

Figure 17

Figure 17

FUSI

Kondisi tulang belakang yang tidak stabil, seperti yang dijumpai pada infeksi, inflamasi, fraktur ataupun kerusakan pada tulang belakang Anda akibat usia (spondilosis, spondilolistesis) mungkin memerlukan penyatuan ruas-ruas tulang belakang untuk membuatnya lebih stabil dan mencegah kerusakan yang lebih jauh pada punggung Anda. Spesialis Anda mungkin menyarankan tindakan ini setelah mengevaluasi gejala Anda dan mempelajari hasil pemeriksaan Anda dengan seksama.

Fusi bisa dilakukan dengan cara minimal invasif sekarang ini.

OSTEOTOMI KOREKTIF

Figure 18

Figure 18

 

Tulang belakang Anda didesain khusus untuk fungsi menahan berat badan dan juga fungsi protektif. Deformitas tulang belakang bisa mengacaukan kedua fungsi tersebut, yang mungkin membutuhkan tindakan untuk mengkoreksi kesegarisan dari tulang belakang (osteotomi).

Osteotomi merupakan operasi besar, dan bisa menyebabkan banyak kehilangan darah. Sebelum menjalani operasi seperti ini, kesehatan Anda secara keseluruhan harus diperiksa. Nutrisi sebelum operasi harus optimal dan darah Anda akan diperiksa untuk mengetahui golongan darah mana kala transfusi diperlukan.

 

背痛手术

Figure 19

OPERASI TULANG BELAKANG ANTERIOR

Dengan adanya kemajuan dalam bidang peralatan dan perlengkapan operasi yang tersedia bagi spesialis Anda sekarang, menjangkau tulang belakang Anda dari depan tubuh sudah jarang dilakukan, dan sekarang ini pendekatan dari depan hanya terbatas untuk beberapa kondisi. Operasi ini dilakukan untuk membuang tulang yang tidak sehat dari depan (korpektomi atau vertebrektomi) atau melepaskan segmen yang kaku sementara mengkoreksi deformitas tulang belakang Anda.

OPERASI MINIMAL INVASIF

Dengan berkembangnya teknologi, operasi lubang kunci (minimal invasif) sudah bisa dilakukan sekarang ini untuk beragam penyebab nyeri punggung. Tetapi hal ini tidak berarti bisa dilakukan pada setiap kasus dan spesialis Anda akan menawarkan kepada Anda pilihan ini setelah mempertimbangkan penyebab nyeri punggung Anda dan memikirkan teknik operasi yang akan dilakukan.





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)