Osteotomi Lutut (Osteotomi Tulang Kering Bagian Atas)

Osteotomi secara harfiah berarti “pemotongan tulang”. Pada osteotomi lutut, salah satu dari tibia (tulang kering) atau femur (tulang paha) dipotong dan diluruskan untuk meringankan tekanan pada bagian lutut yang bermasalah. Ini juga dilakukan untuk mengoreksi atau meluruskan tungkai yang bengkok.

Osteotomi lutut dilakukan jika anda memiliki osteoartritis yang telah merusak hanya satu sisi dari sendi lutut. Dengan memindahkan berat dari sisi yang rusak ke sisi yang normal, sebuah oeteotomi dapat meringankan nyeri dan secara signifikan meningkatkan fungsi pada lutut artritik anda.

Knee osteotomy

Foto sinar X menunjukkan ruang sendi yang menyempit pada sisi medial (dalam) dari lutut (osteoartritis yang menyerang satu sisi)

 

Deskripsi 

Osteoartritis dapat muncul saat tulang-tulang dari lutut dan tungkai anda tidak tepat segaris.hal ini dapat menaruh tekanan tambahan pada sisi dalam (medial) atau luar (lateral) lutut anda. Seiring berjalannya waktu, tekanan tambahan ini dapat merusak tulang rawan yang yang melindungi tulang, menyebabkan nyeri dan kekakuan di lutut anda.

Knee osteotomy

(Kiri) Sendi lutut yang normal dengan tulang rawan sehat (Kanan) Osteoartritis yang telah merusak hanya satu sisi dari sendi lutut
(Image from AAOS.org)

Keuntungan dan Kerugian

Osteotomi lutut memiliki tiga tujuan:

  • Untuk memindahkan berat dari bagian lutut yang artritik ke area yang sehat
  • Untuk mengoreksi kesegarisan lutut
  • Untuk memperpanjang masa hidup dari sendi lutut

Dengan tetap menjaga anatomi lutut anda utuh, sebuah osteotomi yang sukses dapat menunda kebutuhan untuk penggantian sendi selama beberapa tahun. Keuntungan lainnya adalah bahwa tidak ada larangan untuk aktivitas fisik setelah osteotomi—anda akan dapat berpartisipasi dengan nyaman dalam aktivitas-aktivitas favorit anda, yang tinggi sekalipun.

Osteotomi memang memiliki kerugian. Contohnya, kemampuan mengurangi nyeri tidak dapat dijamin seperti halnya dengan operasi penggantian lutut total atau sebagian. Karena anda tidak dapat meletakkan berat badan anda pada tungkai setelah osteotomi (6-12 minggu selama tulang yang dipotong dalam masa penyembuhan), proses pemulihan dari prosedur osteotomi terbilang lebih lama daripada prosedur penggantian lutut sebagian.

Pada beberapa kasus, riwayat pernah dilakukan osteotomi dapat membuat operasi penggantian lutut di masa yang akan datang menjadi lebih menantang.

Proses pemulihan biasanya lebih panjang daripada penggantian lutut sebagian karena nyeri dan keharusan untuk tidak menahan berat badan selama 6-12 minggu setelah operasi.

Karena hasil dari penggantian lutut total dan penggantian lutut sebagian telah sangat sukses, jumlah prosedur osteotomi lutut berkurang secara signifikan. Bagaimanapun juga, prosedur ini tetap menjadi salah satu pilihan untuk satu grup khusus pasien—pasien-pasien muda dengan osteoartritis lutut satu kompartemen dan inginmelanjutkan dengan aktivitas-aktivitas berat setelah operasi.

Prosedur

Knee osteotomy

Kebanyakan osteotomi untuk artritis lutut dilakukan pada tibia (tulang kering) untuk mengoreksi kaki busur (varus) yang menaruh beban terlalu banyak pada bagian dalam (aspek medial) lutut. Sebuah osteotomi bertujuan untuk meluruskan tungkai bawah sehingga berat diredistribusikan dari sisi yang nyeri dan berkelebihan beban ke sisi lain lutut. Hal ini melegakan sisi yang sakit dari tekanan dan meredakan nyeri.

Osteotomi tibia pertama kali dilakukan di Eropa pada akhir tahun 1950an dan dibawa ke Amerika Serikat pada tahun 1960an. Prosedur ini kadang disebut Osteotomi Tulang Kering Bagian Atas (High Tibial Osteotomy/HTO).

Ada 2 macam teknik yang digunakan yang sekarang dinamakan opening wedge HTO atau closing wedge HTO. Dr Lee lebih menyukai opening wedge HTO.

Kandidat untuk Osteotomi Lutut

Osteotomi Lutut sangat efektif untuk pasien muda aktif yang berusia 40-60 tahun. Kandidat yang baik hanya merasa nyeri pada satu sisi lutut dan tidak merasa nyeri di bawah tempurung lutut. Nyeri lutut harus muncul biasanya jika beraktivitas atau berdiri lama.

Kandidat harus dapat meluruskan lututnya secara penuh dan dapat membengkokkannya paling sedikit 90 derajat.

Pasien dengan artritis reumatoid bukanlah kandidat yang baik untuk osteotomi. Dokter bedah anda akan menolong anda menentukan apakah osteotomi lutut adalah tepat bagi anda.

Prosedur Operasi

Operasi osteotomi lutut berlangsung selama 1-2 jam.

Dr Lee akan membuat insisi di depan lutut anda, mulai dari bawah tempurung lutut. Sebelum operasi, ia telah terlebih dahulu merencanakan jumlah koreksi yang tepat untuk kesegarisan lutut. Dengan gergaji berosilasi, ia akan membuat potongan tunggal sepanjang sisi dalam (medial) dari tulang kering yang lalu diangkat membuka sebesar beberapa derajat sesuai dengan yang ia telah diperhitungkan.

Knee osteotomy procedure

Ruang yang tercipta ini kemudian diisi dengan cangkuk jaringan tulang dan ditahan dengan plat dan sekrup.

HTO 1

Foto sinar X dari seorang pasien dengan opening wedge HTO  bilateral yang dilakukan untuk mengoreksi deformitas kaki busur bilateral

Perawatan setelah operasi adalah penting dalam pemulihan osteotomi, penting bagi anda untuk mengikuti langkah-langkah yang direkomendasikan oleh dokter bedah anda.





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)