Pengobatan sakit punggung – Kondisi degeneratif (penuaan) pada punggung

Pengobatan sakit punggung – Kondisi degeneratif (penuaan) pada punggung

Suntikan spinal (blok akar saraf perkutaneus/ dengan suntikan melalui kulit, blok sendi faset, blok sendi sakroiliaka, dan blok pars)

Suntikan spinal bisa menjadi alat yang berguna untuk mengurangi rasa sakit pada banyak kondisi degeneratif dari leher dan punggung (seperti herniasi diskus, stenosis spinal, osteofit/tonjolan tulang), dan dapat mempercepat proses penyembuhan. Suntikan spinal dilakukan dengan bius lokal. Prosedur tersebut dilakukan di meja operasi khusus yang memungkinkan foto ronsen tulang belakang bisa dilakukan pada saat operasi berlangsung. Sebuah jarum yang halus digunakan untuk menyuntikkan obat ke bagian tertentu untuk meredakan nyeri saraf dan/atau sendi tulang belakang Anda.

 

Dekompresi diskus perkutan (melalui kulit) atau nukleoplasti

Pada situasi dimana masalah yang Anda rasakan disebabkan oleh penonjolan diskus yang mengiritasi saraf Anda, dekompresi perkutan dari diskus tersebut mungkin bisa membantu mengurangi gejala yang dirasakan. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi tekanan pada saraf dengan menggunakan radiofrekuensi untuk menyebabkan sedikit pengurangan volume diskus. Anda akan dibuat tidur selama tindakan tersebut dan sekali lagi, prosedur ini dilakukan dengan bantuan sinar ronsen pada tulang punggung Anda. Anda perlu memakai brace punggung  yang bisa dilepas, selama 8 minggu.

 

Diskektomi mikroendoskopik minimal invasif

Figure 1

Figure 1

Ketika diskus mengalami penonjolan sampai batas dimana tindakan dekompresi perkutan tidak lagi efektif, Anda memiliki pilihan diskektomi mikroendoskopik, yang minimal invasif dengan menggunakan mikroskop yang merupakan faktor kunci keamanan selama operasi tulang belakang. Bius umum akan dilakukan selama operasi berlangsung, dan sebuah tabung kecil akan diposisikan secara akurat pada daerah yang dituju dengan bantuan sinar ronsen. Sebuah mikroskop digunakan untuk menerangi dan membesarkan lapangan operasi. Hal ini akan meningkatkan keamanan dan keefektifan dari operasi tersebut. Anda akan bisa pulang keesokan harinya. Anda perlu memakai brace punggung yang bisa dilepas, selama 8 minggu.

 

Stabilisasi dinamis

Figure 2

Figure 2

Jika Anda menderita nyeri punggung yang hebat atau menunjukkan tanda instabilitas dari tulang belakang, stabilisasi dinamis bisa menjadi pilihan yang baik. Tindakan ini “membidai dari dalam” dan mengurangi beban pada segmen tulang belakang yang bermasalah tanpa menyatukan segmen-segmen tersebut, dengan demikian fleksibilitas bisa tetap terjaga. Prosedur bedah ini bisa dilakukan bersamaan dengan dekompresi dari saraf yang bermasalah dengan menggunakan mikroskop. Spacer dinamis bisa dimasukkan  dengan cara yang minimal invasif (gambar). Anda perlu memakai brace punggung yang bisa dilepas, selama 8 minggu.

 

Figure 3

Figure 3

Penggantian diskus buatan

Penggantian diskus buatan pada leher dan punggung merupakan prosedur yang baik pada kandidat yang sesuai. Pada umumnya, jika Anda berusia di bawah 60 tahun dan masalah tersebut disebabkan oleh penonjolan diskus tunggal pada leher atau punggung, Anda bisa menjadi kandidat yang sesuai untuk operasi ini (gambar). Operasi ini dilakukan dengan bius umum dalam posisi terlentang. Dengan bantuan sinar ronsen selama operasi berlangsung, kami akan membuang diskus dari depan secara hati-hati sehingga saraf tersebut bebas lalu kemudian memasukkan diskus buatan ke dalam ruang diskus yang sebenarnya. Alat ini terbuat dari kombinasi metal (baik titanium, kobalt atau kromium) dan plastik. Tergantung pada situasi, Anda mungkin perlu memakai brace punggung atau penyangga leher yang lembut selama beberapa minggu.

 

Fusi spinal minimal invasif

Sayatan kecil dibuat dan kami bisa menjangkau tulang belakang Anda dengan aman dan efektif menggunakan retraktor yang didesain khusus, bantuan sinar ronsen selama operasi berlangsung dan mikroskop (gambar). Pada punggung bawah, diskus Anda yang bermasalah akan dibuang dengan cara minimal invasif. Sebuah sangkar (cage) plastik atau karbon yang diisi dengan tulang Anda sendiri atau tulang dari sumber lainnya dimasukkan ke ruang diskus. Cage tersebut akan diamankan dengan sekrup dan rod yang dipasang dengan cara minimal invasif. Anda mungkin membutuhkan suntikan morfin setelah operasi untuk mengurangi rasa sakit. Untuk fusi satu level, Anda bisa pulang ke rumah 3 sampai 5 hari setelah operasi. Anda perlu memakai brace punggung yang bisa dilepas, selama 8 minggu.

Figure 4

Figure 4





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)