Penyuntikan Asam Hialuronat untuk Artritis dan Perbaikan Tulang Rawan

Meskipun osteoartritis (rematik) lutut belum dapat disembuhkan, sudah terdapat banyak pilihan terapi untuk ini. Tujuan utama dari terapi adalah untuk meredakan nyeri dan mengembalikan fungsi.

Pada stadium-stadium awal, artritis pada lutut diobati dengan metode nonbedah. Beberapa pilihan yang lazim mencakup perubahan tingkat aktivitas sehari-hari, obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan obat antiperadangan nonsteroid (NSAID), bersama dengan terapi fisik, dan injeksi kortikosteroid.

Hyaluronic acid

Pilihan terapi lainnya adalah satu prosedur yang dinamakan viscosupplementation. Dalam prosedur ini, suatu cairan kental yang dinamakan asam hialuronat disuntikkan ke dalam sendi lutut. Asam hialuronat adalah zat yang secara alami terdapat dalam cairan sinovial (sendi). Zat ini bertindak sebagai pelumas untuk memungkinkan tulang-tulang bergerak dengan mulus di atas satu sama lain dan sebagai penyerap hentakan atas beban sendi.

Orang-orang dengan osteoartritis (artritis dikarenakan pemakaian sehari-hari) memiliki konsentrasi asam hialuronat yang lebih rendah dalam sendi mereka. Viscosupplementation dapat menjadi pilihan terapetik untuk individual-individual dengan osteoartritis lutut. Kami juga telah menggunakannya untuk sendi bahu, panggul dan pergelangan kaki.

Hasil dari Terapi Viscosupplementation

Viscosupplementation telah berhasil meredakan nyeri pasien-pasien yang tidak menunjukkan respon terhadap metode-metode nonbedah lainnya. Teknik ini pertama kali digunakan di Eropa dan Asia, dan telah disetujui oleh U.S. Food and Drug Administration pada tahun 1997. Beberapa produk asam hialuronat sekarang telah tersedia di pasar.

Reaksi Segera dari Penyuntikan Asam Hialuronat

  • Asam hialuronat tidak memiliki efek pereda nyeri secara instan.
  • Selama 48 jam pertama setelah penyuntikan, anda harus menghindari menahan beban berlebihan pada kaki, seperti berdiri pada waktu yang lama, berlari, atau angkat berat.
  • Anda mungkin melihat reaksi lokal, seperti nyeri, hangat, bengkak ringan setelah penyuntikan. Gejala-gejala ini umumnya tidak akan lama. Anda boleh menaruh kompres es untuk meredakannya.
  • Sangat jarang, pasien mengalami reaksi alergi lokal di lutut. Dalam hal ini, lutut bisa menjadi penuh cairan, merah, hangat, dan nyeri. Jika ini terjadi, harap segera menghubungi dokter anda.
  • Infeksi dan perdarahan juga merupakan komplikasi yang sangat jarang dari prosedur ini.

Efek Jangka Panjang

  • Selama periode injeksi, anda mungkin menyadari bahwa nyeri lutut anda berkurang. Berdasarkan pengalaman Dr Lee, ini terjadi 4 minggu setelah penyuntikan.
  • Asam hialuronat tampaknya memiliki properti antiperadangan dan pereda nyeri. Penyuntikan ini juga dapat menstimulasi tubuh menghasilkan lebih banyak lagi asam hialuronatnya sendiri.
  • Efek dapat bertahan selama berbulan-bulan sampat bertahun-tahun, tergantung dari individual masing-masing.

Prosedur

Hyaluronic acid injection

Injeksi ini merupakan prosedur klinik yang memerlukan waktu sekitar 5 menit dan anda dapat berjalan pulang segera setelah itu. Tergantung pada individu, Dr Lee dapat memilih untuk melakukan satu suntikan tunggal Monovisc atau Arthromac atau tiga suntikan Orthovisc (satu suntikan setiap minggu, selama 3 minggu).

Spesialis sendi Singapura Dr Lee juga menggunakan suntikan asam hialuronat setelah prosedur  perbaikan tulang rawan seperti microfracture untuk meningkatkan hasil dari prosedur-prosedur tersebut. Dr Lee telah diwawancara tentang keuntungan suntikan asam hialuronat pada Channel News Asia.





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)