Perawatan untuk Cedera Panggul yang Lazim akibat Olahraga

Peradangan bursa panggul dan terkilir pada selangkangan merupakan cedera olahraga yang sering pada panggul.

Peradangan Bursa (Bursitis) Panggul

Bursa adalah kantung kecil seperti jelli, yang secara normal mengandung sejumlah kecil cairan. Bursa terdapat di seluruh badan, namun secara signifikan terdapat pada bahu, tumit, siku, panggul, dan lutut. Mereka terbaring di anatara jaringan lunak dan tulang, mengurangi gesekan diantara keduanya.

Ujung tulang dari panggul ini disebut sebagai trochanter mayor. Ini adalah titik dimana otot-otot penggerak sendi panggul menempel. Ada bursa berukuran besar yang mengelilingi trochanter mayor dan dapat mengalami peradangan, mengakibatkan bursitis panggul (atau bursitis trochanterica).

hip bursitis

Hubungan antara bursa trochanterica antara iliotibial band dan trochanter mayor.

Gejala-gejala

Gejala utama adalah nyeri pada regio trochanter mayor. Nyeri panggul ini seringkali melebar ke area luar paha. Pada fase-fase awal, nyeri dideskripsikan sebagai intens dan tajam. Pada fase-fase akhir, nyerinya menjadi tumpul. Nyeri ini seringkali memberat pada malam hari, pada waktu tidur mengarah ke sisi panggul yang sakit, dan bahkan saat bangun setelah duduk lama. Aktivitas-aktivitas yang dapat memperberat kondisi ini meliputi berlari, naik tangga, berjalan dan squat dalam waktu yang lama.

Faktor-faktor Resiko

Bursitis panggul dapat dialami semua orang, namun ia lebih lazim pada wanita usia pertengahan dan orang usia lanjut. Ia juga lebih jarang pada laki-laki dan orang-orang lebih muda.

Di bawah ini adalah beberapa faktor resiko yang telah dihubungkan dengan terjadinya bursitis panggul:

  • Cedera akibat stres berulang (pemakaian berlebihan)
    Terlalu sering naik tangga, bermain sepeda, berlari, atau berdiri dalam waktu lama adalah faktor resiko.
  • Cedera panggul
    Cedera dapat terjadi akibat jatuh menimpa panggul anda, atau menabrakkan panggul anda ke meja, atau berbaring pada satu sisi tubuh untuk waktu yang terlalu lama.
  • Ketidaksimetrisan panjang tungkai
    Jika satu tungkai anda lebih panjang dari yang lain sebesar lebih dari 1 inci, ini akan mempengaruhi pola berjalan anda dan ini dapat menyebabkan peradangan dari bursa panggul.
  • Deposit kalsium dan penonjolan tajam pada tulang
    Hal ini dapat muncul dalam urat tendon yang menempel pada trochanter. Ia dapat mengiritasi bursa dan menyebabkan peradangan.

Diagnosis

Pemeriksaan klinik biasanya cukup untuk mendiagnosis keadaan ini. terkadang, kami membutuhkan beberapa tes tambahan untuk menyingkirkan kemungkinan kondisi atau cedera lain. Tes-tes ini mencakup foto sinar X, sken ultrasound, dan MRI.

Terapi

Terapi Nonbedah

Kondisi ini biasanya diterapi dengan sukses tanpa pembedahan. Banyak orang dengan bursitis panggul akan mendapat perbaikan hanya dengan merubah gaya hidupnya. Perubahan gaya hidup mencakup:

  • Modifikasi aktivitas – menghindari aktivitas-aktivitas yang memperberat keadaan
  • Menggunakan obat antiinflamasi non-steroid (NSAIDs), sepserti ibuprofen, naproxen, piroxicam, celecoxib, dan lainnya, untuk mengontrol peradangan dan nyeri
  • Menggunakan tongkat berjalan atau kruk selama 1 minggu atau lebih jika diperlukan

Terap fisik sangatlah berguna untuk kondisi ini dan terapi manual, ultrasound, dan peregangan secara khusus adalah berhubungan dengan ini. Pada kasus-kasus yang lebih berat, injeksi kortikosteroid bersama dengan anestesi lokal dapat sangat berguna untuk meringankan gejala.

Terapi Bedah

Pembedahan jarang diperlukan untuk bursitis panggul. Untuk kasus-kasus yang gagal bereaksi dengan tindakan-tindakan sebelumnya di atas, eksisi dari kantung bursa dapat dilakukan sebagai operasi 1 hari selesai.

Cedera Selangkangan

Akhir-akhir ini, salah satu dari pasien kami yang merupakan beladiri MMA di divisi kelas berat merobek otot dan tendon adductor longus nya (otot dekat selangkangan) dari tulang saat pertandingan. Ia datang dengan nyeri selangkangan yang sangat dan kesulitan berjalan. Pada kebanyakan kasus, cedera ini seharusnya diterapi dengan operasi. Ia bersikeras tidak ingin menjalani operasi dan ingin mencoba terapi platelet rich plasma (PRP). Ia diberikan 3 suntikan PRP di bawah bimbingan ultrasound (interval mingguan) dan dia kembali mengangkat beban dan latihan MMA hanya 2 minggu setelah suntikan terakhir.

Muscle Tear treatment Ultrasound
Hasil ultrasound pada hari cedera menunjukkan otot dan tendon adductor longus tertarik dari tulang dan kelihatan sangat tidak rapi
Muscle Tear treatment Ultrasound
Hasil ultrasound pada hari suntikan PRP ke-3 menunjukkan kelompok otot yang baik, kelihatan bagus, dan rapi, tidak seperti gambar sebelumnya

Terapi Pembedahan

Pembedahan biasanya dikhususkan untuk cedera berat seperti cedera avulsi tendon dimana tendon seluruhnya terlepas dari tulang. Pembedahan juga mungkin diperlukan untuk memperbaiki sobekan komplet di dalam otot.

Prosedur
Untuk secara sukses mengatasi avulsi tendon, dokter bedah akan menarik tendon dan otot yang sobek ke tempatnya semula dan membuang jaringan ikat (scar) yang ada. Setelah ini, tendon difiksasi ke tulang dengan bantuan jahitan atau staples.

Pemulihan setelah Terkilir atau Robek pada Selangkangan

Perawatan yang benar, dengan istirahat, terapi fisik, injeksi, injeksi PRP atau operasi, kebanyakan sobekan otot sembuh dengan sangat baik. Semakin awal anda memulai proses RICE dan berkonsultasi dengan dokter anda, semakin cepat anda dapat kembali ke aktivitas normal sehari-hari.

Hati-hati jika anda ingin kembali ke aktivitas fisik terlalu dini setelah cedera karena cedera berulang dapat berujung pada kondisi kronis yang mengakibatkan performa yang terganggu.

 





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)