Pilihan Pengobatan Nyeri Leher

Pilihan Pengobatan Nyeri Leher 

Keputusan mengenai pengobatan yang akan dijalani harus dibuat dengan seksama. Pada kebanyakan kasus, terdapat waktu yang cukup untuk mempelajari dan mengerti kondisi Anda sehingga Anda bisa membuat keputusan terhadap perawatan diri Anda.

Anda adalah satu-satunya orang yang dapat memberikan keputusan untuk operasi. Penting sekali untuk diketahui bahwa Andalah yang harus mengambil keputusan itu sendiri. Jika Anda memilih untuk operasi, kondisi fisik dan sikap mental Anda akan menentukan kemampuan diri Anda untuk sembuh. Anda harus menjalani operasi dengan penuh percaya diri, sikap yang positif dan pemahaman yang seksama mengenai hasil operasi yang akan diterima. Anda sebaiknya memiliki target yang realistis dan bekerja dengan seksama untuk mencapai tujuan tersebut, setelah mendapatkan penjelasan yang baik dari spesialis tulang belakang Anda. Karena perawatan medis merupakan hal yang sangat individual tergantung kebutuhan dan kondisi seseorang, tidak semua informasi yang dijelaskan disini sesuai dengan tata laksana dan hasil operasi yang Anda jalani.

Ada banyak pilihan pengobatan nyeri leher.

1. Tata laksana non operatif

Terdapat banyak situasi dimana perawatan non operatif untuk kelainan servikal lebih disukai dari pada operasi. Pada banyak kasus, tata laksana non operatif dapat memberikan hasil yang baik. Beberapa contoh dari tata laksana non operatif yaitu: imobilisasi (dapat dicapai dengan menggunakan collar/penyangga leher), fisioterapi, akupuntur, dan/atau medikasi.

 

Obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS)

OAINS merupakan obat yang bekerja dengan mengurangi inflamasi dan memberikan efek pereda rasa sakit. Ligamen dan sendi yang mengalami inflamasi dapat menyebabkan rasa nyeri secara langsung atau melalui iritasi saraf yang keluar dari tulang belakang. Efek samping yang paling umum dari OAINS yaitu iritasi lambung. Obat alternatif yang lebih baru dari OAINS standar yaitu penghambat COX2 (COX-2 inhibitors). Obat ini lebih jarang menyebabkan iritasi lambung dan mempunyai keuntungan dosis sekali sehari.

Obat-obatan lainnya yang mungkin diresepkan oleh spesialis tulang belakang adalah obat-obatan opioid (seperti Ultracet), relaksan otot atau obat-obat lain yang mengendalikan nyeri saraf (seperti Lyrica).

 

Pijatan

Pijatan sering kali dimanfaatkan untuk mengurangi ketegangan otot, spasme, inflamasi, nyeri dan kekakuan. Keuntungan lainnya adalah kelenturan tubuh secara umum, gerakan sendi dan peningkatan elastisitas jaringan (seperti jaringan parut).  Pijatan juga berguna untuk tata laksana keseluruhan dari nyeri leher dan spasme otot, dan sering dikombinasikan dengan fisioterapi.

Fisioterapi

Selama fisioterapi, berbagai pengobatan yang berbeda seperti pemberian suhu panas dan dingin, ultrasound dan pijatan sering dipadukan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan. Latihan terapeutik juga diresepkan untuk meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan rentang gerak sendi, pada waktu yang bersamaan mengajarkan pasien untuk mengkoreksi postur dan teknik relaksasi.

Akupuntur bekerja dengan cara melepaskan endorfin (zat kimia yang mirip dengan morfin) ke dalam tubuh, dengan demikian mengubah persepsi rasa sakit. Metode ini merupakan modalitas tambahan yang bermanfaat dalam tata laksana non operatif.





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)