Sobekan Meniscus: Pilihan Operasi

Sebuah cedera yang biasa namun serius yang dialami atlet-atlet adalah sobekan meniscus.Cedera ini adalah lazim pada atlet yang memainkan olahraga kontak badan atau olahraga yang membutuhkan banyak gerakan memutar dari lutut seperti bola basket dan bola kaki. Meniscus adalah peredam goncangan dari lutut dan terdapat dua meniscus di tiap lutut (tengah dan samping). Cedera ini dapat terjadi sendiri atau bersama dengan cedera lain seperti sobekan ligamentum cruciatum anterius (LCA).

 

Meniscus TearMeniscus yang sobek

Penilaian Klinik

Pemeriksaan Fisik dan Riwayat Pasien

Gejala yang paling sering dari sobekan meniscus mencakup nyeri di sepanjang garis sendi, pembengkakan, sendi terkunci (kondisi dimana lutut terjebak pada posisi tertentu dan tidak dapat diluruskan atau dibengkokkan), dan pada beberapa kasus juga mencakup instabilitas, jika sobekan berukuran besar dan terjadi bersama dengan sobekan LCA. Dalam pemeriksaan, kami akan memeriksa dengan tangan adanya nyeri tekan dan bengkak di lutut. Lutut juga akan ditekan pada posisi tertentu untuk mencari adanya cedera-cedera lain.

Foto

Kami akan memesan sken MRI. Ini akan mengonfirmasi diagnosis dan juga menolong melihat adanya cedera-cedera lain.

Terapi

Sebagian kecil dari kasus sobekan meniscus dapat sembuh dengan sendirinya. Hal ini bagaimanapun perlu terjadi dekat area sepertiga luar dari meniscus yang disebut zona merah (dinamakan demikian karena banyaknya pembuluh darah di sana).

Kebanyakan sobekan meniscus terjadi di dua pertiga dalam dari meniscus yang memiliki sedikit sekali aliran darah. Sobekan ini tidak sembuh dengan sendirinya dan memerlukan terapi pembedahan.

 

Terapi Pembedahan

Sobekan meniscus diterapi melalui artroskopi (operasi lubang kunci). Sobekan meniscus tersebut mungkin akan dibuang (pada bagian yang sobek) atau diperbaiki dengan jahitan. Keputusan adalah tergantung pada lokasi dan ukuran sobekan dan kronisitas (lamanya) sobekan tersebut. Sebagai pedoman umum, semakin lama sobekan sudah ada, semakin kecil peluang untuk perbaikan dengan jahitan menjadi berhasil. Pada kasus-kasus demikian, debridement atau pembuangan bagian meniscus yang rusak adalah pilihan yang terbaik.

Prosedur: Artroskopi Lutut adalah salah satu dari prosedur bedah yang paling sering dilakukan. Pada artroplasti lutut, sebuah kamera mini dimasukkan melalui insisi kecil. Ini akan menyediakan pandangan yang jelas di dalam lutut. Kami memasukkan instrumen bedah mini melalui insisi kecil lain untuk merapikan atau memperbaiki sobekan.

meniscus tears repair

Image (left) from AAOS.org

Rehabilitasi

Prosedur ini biasanya dilakukan dalam satu hari dan anda dapat keluar dari ruangan 2-4 jam setelah prosedur. Bergantung apakah pembersihan atau perbaikan dilakukan, anda akan diizinkan untuk berjalan dengan menopang berat tubuh pada tungkai yang terkena atau harus menggunakan kruk bantu jalan tanpa membebankan tubuh dengan berat apapun.

Sobekan meniscus adalah cedera lutut yang sangat lazim. Dengan diagnosis yang benar, terapi, dan rehabilitasi, pasien biasanya akan dapat kembali melakukan semua seperti biasanya.

 





All Rights Reserved
Pinnacle Orthopaedic Group 2016
FIND US AT

Mount Elizabeth Medical Centre
3 Mount Elizabeth #04-07
Singapore 228510

Parkway East Medical Centre
319 Joo Chiat Place #03-05
Singapore 427989
GET IN TOUCH

JOINT & SPORTS PROBLEMS
Dr Kevin Lee
6737 0558 // 9727 8528 (24hr emergency)

SPINE, SCOLIOSIS, NECK & NERVE PROBLEMS
Dr Hee Hwan Tak
6737 0680 // 9771 8964 (24hr emergency)

SHOULDER, ELBOW & TRAUMA PROBLEMS
Dr Andy Wee
6247 7958 // 9178 8274 (24hr emergency)